Selasa, 29 April 2014

Kuliner Bintan - Bintan Island Culinary

Bile Tuan dan Puan berkesempatan mengunjungi tanah Melayu di Pulau Bintan, sile lah nikmati juga kuliner khas disini. Berikut beberapa kuliner yang pernah penulis cicipi di tanah Melayu Pulau Bintan - Provinsi Kepulauan Riau.
 
MARTABAK BANGKA - Batu 5
Namanya Martabak Bangka, tapi lokasinya di Bintan, hehehe.
Mungkin kita lebih familiar dengan Kota Tanjung Pinang, Ya, Kota Tanjung Pinang adalah ibu kota Kabupaten Bintan.
Martabak yang satu ini sangat istimewa dan enak. Walaupun pakai gerobak K-5 tapi rasanya mantap sekali. Lokasinya di Batu 5 (orang Bintan menyebut kilometer dengan sebutan Batu) jadi Batu 5 ada di kilometer 5 gethooo.
Keistimewaan Martabak ini, selain enak dimakan saat hangat, juga lebih enak saat dimakan dingin setelah didiamkan di kulkas.
Kesukaan penulis adalah martabak dengan kombinasi kismis + pisang + keju parut. Harganya sekitar Rp. 30.000.- (tahun 2013 akhir)

KELONG MADONG
Lokasinya didaerah Senggarang, Bintan.
Ikan Kakap Steam
Gonggong
Udang Tepung
KELONG SUNGAI LADI
Penampakan Kelong Sungai Lagi
 

OTAK-OTAK & TAPE SINGKONG
Otak-otak dan Tape Singkong yang enak dapat ditemui disepanjang jalan dari Kawal ke Trikora.

SEAFOOD
Masakan seafood yang enak dan harga yang pantas ada di restoran-restoran di daerah Kawal dan Trikora. (sebenarnya Trikora itu sendiri masuk daerah Kawal - Kecamatan Teluk Bakau)
Berikut penampakan seafood yang sangat mengugah selera :-)
Gonggong
Kerang Bulu
Remis
Kerang Hijau
Salah satu restoran yang pernah penulis kunjungi adalah restoran Batu 18 didaerah Kawal - Trikora. Tandanya setelah kita melewati Sekolah dan Kantor Lurah  (sebelah kiri jalan dari TPI), kemudian kita melihat bongkahan batu besar. Nah restorannya pas diseberang bongkahan batu besar tersebut. Disebelah kanan. Lihat rumah panggung yang dibawahnya ada deretan bangku dan meja :-) dan ada deretan dangau di pinggir pantai  

PIZZERIA CASA ITALIA - Pizza ala native Italiano 
Ternyata ada 1 keluarga asli orang Italia yang jatuh cinta dengan pantai Trikora dan memutuskan untuk menetap disana dengan keluarganya.
Mereka membuka pizza dengan nama Pizzeria Casa Italia yang terletak di pinggir pantai Trikora, sekitar 40 km dari kota Tanjung Pinang
Nah, coba deh sensasi Pizza Italia dengan racikan lokal dan dibuat oleh orang Italia asli  sambil melihat pemandangan laut dan mendengar desiran ombak, hhmmmm sungguh romantis :-)
Penampakan pizzeria dan anaknya yang ganteng boow :-)
Warung Pizza dengan view pantai Trikora



Tidak ada komentar:

Posting Komentar