Minggu, 27 April 2014

Kuliner Solo - Solo Culinary

Wah Solo memiliki banyak spot wisata Kuliner. Kali ini penulis akan share beberapa spot kuliner saat penulis pernah berkunjung beberapa kali ke kota ini :-)

SATE KAMBING MUDA MBAK PARIYEM

Sate Kambing Muda & Sate Buntel siap saji
 
Sate Kambing Muda Mbak Pariyem terkenal dengan Sate Buntel & Sate Hati Kambingnya. Walaupun Sate K5, tapi rasanya uenak tenan... Lokasinya pas di samping Hotel Kusuma Sahid Prince Solo (www.kusumasahid.com). Nyesel kalo ga sempet coba Sate Buntel Mbak Pariyem ini, hehehe.

Pada kesempatan kedua datang ke kota Solo tanggal 18 s/d 22 Juni 2014, penulis mampir lagi kesini dan langsung dikenali oleh Bapak penjual Sate :-) hehehe

Jadinya bisa berpose ria deh buat kenang-kenangan. :-)
 Masak sate sendiri
 
 

RESTORAN LOMBOK IDJO
Restoran ini mengusung konsep pedesaan dengan cita rasa tradisional. Hhmmm layak deh dicoba :-)

RESTORAN AYAM BETUTU BLIMANG
Walah, ternyata ada kuliner Bali uenaak juga lho di kota Solo. Nah ini photo penampakannya :-)
 


TAHU KUPAT
Ini lo tempat Tahu Kupat yang terkenal enaknya :-)
Lokasinya juga ga jauh dari Hotel Sahid Jaya Solo (www.sahijayasolo.com). Cukup jalan kaki 2 menit aja kesana hihihi.

TAHU BAKAR - Angkringan
Ahaaa... ini nih spot Kaki Lima yang sensasinya lumayan menghibur. Bisa lesehan dan bercanda dengan gadis-gadis Solo yang turut lesehan disana :-). Penulis sih sukanya mencicipi Wedang Ronde + Tahu Bakar. Oh iya, lokasinya pas di seberang pintu keluar Hotel Sahid Jaya Solo.

WARUNG SS
Yang ini bukan warung milik pasukan SS Nazi lho, hihihi. Nah disini tempat orang-orang mau uji nyali makanan pedaaasss :-) Pilihan Sambelnya banyak banget. Jangan lupa pesen Teh Tawar atau jus seger untuk mengurangi rasa pedes, hehehe 
Gurame Goreng Kering dengan aneka sambel pedes
Bebek Goreng (atas), Gurame Goreng Sambel Pete (bawah)

SATE KAMBING TAMBAK SEGARAN
Nah disini bisa coba Sate Kambing, Sate Buntel, Tengkleng dll. Ini penampakannya :-)

GALABO - Pusat Jajanan Serba Ada Solo
Pemda Kota Solo menyedia kawasan wisata kuliner malam hari. Namanya GALABO - singkatan dari Gladag Langen Bogan Solo. Kawasan wisata ini mirip dengan Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) yang ada di Kota Batam dan Makassar.



Gule Iga Kambing Muda
SATE KAMBING MBOK GALAK

Tengkleng Kambing

Gule Jeroan Kambing

Sate Buntel ala Mbok Galak

Penulis sempat berkunjung sekali lagi ke kota Solo pada periode 18 s/d 22 Juni 2014. Berikut aneka wisata kuliner yang sempet penulis dokumentasikan selama periode tersebut :-)

SOTO BU HADI

Soto Bu Hadi ini terletak pas di bunderan samping Hotel Sahid Jaya Solo. Tidak jauh dari Gedung Pers Solo.
Soto ini hanya tersedia dari sore sekitar pukul 5 hingga malam. Karena pagi harinya toko ini berfungsi sebagai bengkel sepeda motor :-)

(Catatan: ternyata di Solo ada beberapa spot kuliner yang buka hanya mulai sore hingga malam + dari pagi hingga sore saja)
Kuah Sotonya terasa gurih. Kekhasannya disini adalah, ada menu tambahan seperti Empal, Kisi, Lidah Sapi dll. Harganya berpatutan dan pelayannya ramah-ramah.

SOTO TRIWINDU

Soto Triwindu ini tak kalah lezatnya. Juga tersedia mulai pagi hingga siang (sore biasanya sudah habis)
Lokasinya dekat dengan Mangkunegaraan. Berjarak sekitar 400 meter dari Kusuma Sahid Prince Hotel. Cukup jalan kaki atau naik becak kesana.

SERABI NOTOSUMAN

Siapa yang ga kenal Serabi.? Rugi banget kalo ke kota Solo tidak mencoba Serabi yang satu ini. Serabinya sangat lembut. Biasa menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang wisatawan. Enak dimakan saat panas maupun dingin.
Oh iya, Serabi Notosunan ini ada 2 jenis. 1-nya Serabi dengan olahan tradisional (Penulis menyukai yg ini). Serabinya terbuat dari santan alami dan dimasak dengan arang sehingga rasanya menjadi gurih. 
Satunya lagi Serabi yang dimasak dengan Santan Kara (Santan Bungkus). Lokasinya berdekatan karena ownernya  punya 1 garis keturunan :-)

Coba deh Serabi Original + Serabi Coklat yang digulung dengan daun pisang.

FYI, di toko ini tidak tersedia tempat makan, so harus take away ciinn :-)

GULE KAMBING GORENG PAK SAMIN / Gulgor
 Gulgornya dimasak pakai bara

Gule Kambing Goreng disebut juga dengan istilah Gulgor. Yaitu gule jeroan kambing yang digoreng dengan api bara batok kelapa kemudian diberi gulai secara terpisah.
Waktu penulis kesana, hanya tersedia porsi terakhir gulgor. So karena 1 porsi, penulis tambah dengan Sate Hati Kambing + Minuman Es Puter yang tersedia dipinggir warung.
Selain khas Gulgor-nya, cara masak Sater Kambingnya juga khas dimana daging kambing setelah ditusuk kemudian dipukul pakai palu kayu agar dagingnya menjadi lembut dan gurih.

SOTO SEGER MBOK GIYEM

 
 Soto Mbok Giyem ini tidak kalah sedapnya. Buka saat pagi hingga siang / sore saja
 

SOTO REMPAH
Soto rempah ini enak banget. Rasanya pas dan selalu ramai oleh pengunjung dari pagi hingga sore.
Harga 1 porsi ukuran kecil Rp. 4.000.- dan pakai mangkok besar Rp. 7.000.- Bayangkan bisa puas makan deh di kota Solo :-)
Oh iya, lokasinya pas diseberang jalan Kusuma Sahid Prince Hotel :-)
 

BAKSO PAK RUK
Bakso ini enak banget. dagingnya terasa dan lembut. Kayaknya ga pake pengawet deh hehehe. Yang bikin nagih, kita bisa pesen tulangan yang ada daging menempel sedikit. So nikmat makan baksonya makin bertambah. :-)
Bakso
 Tulangan



1 komentar:

  1. Informasinya bermanfaat banget kak, auto bikin ngiler hehe. Kunjungi juga Makanyok.com ya, ada artikel menarik juga tentang kuliner khas Indonesia

    BalasHapus