Senin, 21 April 2014

Kuliner Papua - Papua Culinary

Kalau anda sedang berkunjung ke Jayapura (Ibu kota provinsi Papua), tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas disana. Penulis akan sampaikan beberapa  kuliner khas Papua yang sempat dicicipi sbb:

(English version is on progress)

PAPEDA

Papeda terbuat dari bahan sagu / pohon sagu yang diolah menjadi tepung sagu kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga menyerupai adonan mirip gel.

Cara makannya sedikit berbeda. Pertama kali basahi dulu piring makan dengan kuah kuning agar Papedanya tidak lengket di piring :-). Kemudian ambil 2 garpu dan masukkan ke papeda sambil diangkat dan diputar cepat-cepat untuk memindahkan papeda dalam mangkok ke piring. Selanjutnya tinggal tambahkan ikan dan sayur tumis kangkung bunga pepaya.

Konon papeda ini sangat bagus bagi kesehatan paru-paru. 

Masakan Papeda ini mirip dengan masakan Kapurung di Sulawesi Selatan. Bedanya dirasa. Kalau kuah Papeda ada rasa asam, sementara Kapurung ada rasa pedas dan gurih.

Lauknya sendiri terdiri dari Ikan Ekor Kuning (di Papua, Ikan Tuna disebut juga Ikan Ekor Kuning), tapi bisa juga dibuat dari ikan lainnya.

Paket Papeda (Papeda, Ikan Kuah Kuning & Tumis Kangkung Bunga Pepaya)

Cara memindahkan Papeda ke piring :-)

Nah Papedanya siap disantap.

Menu Papeda seperti diatas dapat dinikmati di Hotel Sahid Papua di daerah Entrop - Jayapura.


GULAI TELUR IKAN EKOR KUNING / CAKALANG

Nah, selain wisata kuliner, penulis menyempatkan diri juga untuk mampir di Pasar Tradisional ala Jayapura. Pasar ini disebut juga sebagai Pasar Mama, karena mayoritasnya penjualnya adalah Mama-Mama Papua. Lokasinya ditengah kota Jayapura.

Dipasar ini kita bisa menemui segala bahan baku masakan tradisional, mulai dari sayur-sayuran yang super segar, umbi-umbian hingga hasil laut yang tak kalah segarnya. Semuanya dengan harga yang wajar.

Kali ini penulis belanja Ikan Cakalang Fufu / Cakalang Asap ala Papua dan Telur Ikan Ekor Kuning dan Ikan Telur Ikan Cakalang agar bisa diolah di restoran hotel :-)



Profil Mama Khas Papua Penjual Ikan Cakalang Fufu & dagangannya

Telur Ikan yang dijual per piring :-) dan deretan Ikan Cakalang Fufu

Catatan:
Cakalang Fufu juga bisa ditemui di daerah Sulawesi Selatan / Manado. Cuma cara memasaknya yang berbeda. Kalau Cakalang Fufu di Papua di keringkan dengan cara diasapkan mengunakan panas asap kayu bakar. Di Manado, Cakalang Fufu diasapkan dengan panas asap tempurung dan sabut kelapa. Jadi Cakalang Fufu di daerah Manado / Sulawesi Selatan relatif lebih beraroma. 

Jadi deh masakan Gulai Telur Ikan Ekor Kuning & Cakalang
ala Chef Sutrisman di Hotel Sahid Papua

Yang ini penampakan Gulai Ikan Cakalang Fufu. Mantap.... :-)


SIRIH PINANG

Yang ini bukan makanan, tapi kudapan khas masyarakat Papua. Pinang dan Buah Sirih dimakan /dikunyah dengan campuran kapur sehingga nantinya ludah akan berwarna merah khas.

Rasa Pinang Sirih ini sepet dan hangat namun diakhirnya terasa nikmat. Oh iya, makan Pinang Sirih jangan ditelan serat dan ludahnya, ntar bisa sakit perut, hehehe.  Jadi cukup dikunyah sebagai kudapan pencuci mulut.

Sirih Pinang ini bagus untuk kesehatan gigi dan mulut kerena juga berfungsi sebagai anti bakteri bau mulut.

Sirih Pinang Rp. 2.000. - 3.000.-/onggok
Karena Makan Pinang sudah membudaya, maka ada satu peraturan di tempat umum (RS, Airport, Hotel, dll) ala Papua yang tidak kita temui ditempat lain, hehehe


Catatan:
Ada kesamaan makan Pinang Sirih dibeberapa daerah di Nusantara. Bedanya kalau di di Jawa / Sumatera Barat, Pinang dimakan dengan Daun Sirih. Di Papua, Pinang dimakan dengan Buah Sirih :-)
ABON GULUNG
Ini adalah oleh-oleh khas ala Papua. Abon Gulung dapat ditemui di beberapa toko di pusat kota atau bisa juga di beli sebelum masuk lokasi Airport Sentani.


UMBI TALAS GORENG
Aha, rasakan sensasi makan Umbi Talas Goreng dengan Sambal Dabu disore hari :-)




BUAH MATOA
Ini adalah buah khas tanah Papua. Sayang sekali buah ini malah penulis dicicipi di kota Jakarta. Soalnya pas berkunjung ke Papua belum musim buah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar