Senin, 28 April 2014

Kuliner Tana Toraja - Sidrap & Barru / Tana Toraja - Sidrap & Barru Culinary

KULINER TORAJA
Penulis bersyukur sempat mengunjungi Tana Toraja yang eksotis di Sulawesi Selatan.

Berikut beberapa kuliner khas selama dalam perjalanan mengunakan kendaraan darat dari Makassar ke Toraja yang menghabiskan waktu sekitar 8 jam perjalanan.

PA'PIONG
Merupakan masakan yang dimasak dalam bambu. Isinya aneka dedaunanan + bumbu berikut ikan / daging ayam / daging babi. Setelah itu dibakar mirip bakar lemang.
Penulis sih mencicipi Pa'piong Ikan Mas.Rasanya sih asyik dengan banyak rempah didalamnya.
Papiung Ikan Mas
 AYAM MASAK RW
Nah ini masakan halal lainnya, Ayam Masak Bumbu RW. Bumbu RW sebenarnya lebih dikenal untuk masak daging babi atau daging anjing, hehehe. Tapi ada menu halal juga kok :-)

KULINER SIDRAP
CAWIWI / BURUNG BELIBIS
 Sebelum sampai di Toraja dari Makassar, kita melewati kota Sidrap dulu. Nah disini ada menu istimewa yaitu Cawiwi / Burung Belibis Goreng. Hhhmmm dagingnya alot. Dan penulis ga tega makannya begitu melihat burung Cawiwi / Belibis yang lucu-lucu banget.
 Burung Cawiwi / Belibis
Daging Cawiwi warna coklat tua VS daging Ayam warna coklat muda

KULINER BARRU
GOGOS
Nah, sebelum sampai di Sidrap, kita melewati kabupaten Barru dulu. Kita bisa ngaso dulu di pinggir jalan yang banyak jualan makanan khas Barru, Gogos.
Gogos terbuat dari ketan hitam yang dibungkus daun pisang, kemudian dibakar diatas arang batok kelapa. Dimakan dengan sambel cabe merah + telur itik asin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar