Selasa, 22 April 2014

Kuliner Manado - Manado Culinary


Jika berkunjung ke Manado, banyak spot-spot kuliner yang bisa dijajal untuk kenangan nantinya.

Berikut beberapa kuliner yang pernah penulis cicipi selama berkunjung di Manado: 

RESTORAN OCEAN 27


Restoran ini terletak di pinggir pantai Malalayang. Oh, iya perlu penulis sampaikan, jangan bayangkan pantai di Manado ada pasir putihnya karena sepanjang kota Manado pantainya ditutupi dengan tumpukan batu karang untuk mencegah abrasi + menambah luas kota tersebut :-)

 Di restoran ini bisa kita temui aneka masakan laut + sayuran khas ala Manado seperti gambar ini:


Penampakan photo kepala ikan yang gedenya melebihi piring makan :-) So yummy



Makan Malam Bersama GM & Tim Hotel Sahid Kawanua Manado

NASI KUNING SAROJA


Nah ini kuliner yang khas juga. Lokasinya pas ditengah kota Manado. Ga susah kok mencarinya. Khasnya karena nasi kuning ini dibungkus dengan Daun Lontar. So sensasi makannya jadi nambah deh. Oh iya, bisa juga lo dibawa take-away dan bahkan lumayan banyak yang dijadikan oleh-oleh naik pesawat ke tujuan masing-masing.


RESTORAN ASANDRI

Restoran ini terletak di samping Restoran Ocean 27. Ini restoran kenanganku saat pertama kali datang ke Kota Manado tahun 2009 lalu. :-)

 Kepala Ikan GT :-)



 

KOPI & KUKIS PASAR 45

Pengen merasakan sensasi kopi asli Manado, so bisa mampir di kawasan kuliner Pasar 45 seperti penampakan dibawah ini:


Kawasan Warkop Pasar 45 ini disebut juga sebagai "Parlemen DPR Jalanan" karena semua obrolan politik, bisnis dan lain-lain dibicarakan disini hehehe. Semua orang bebas berekspresi dan berbicara layaknya dijamin dalam Undang-Undang kita :-).

Asyik juga menyeruput kopi dan mencicipi kukis / cookies asli kota Manado sambil mendengar celoteh pengunjung disini dan melihat aktivitas masyarakat lalu-lalang dengan kesibukan masing-masing.

MANADO TOWN SQUARE / MANTOS

Nah ini nih lokasi yang asyik untuk menghabiskan akhir pekan. Banyak beragam kuliner dan aktivitas hiburan tersedia disana :-)

Lokasinya di pinggir pantai. Viewnya juga bagus dan mudah dijangkau dari segala arah. Transportasi angkutan umum juga banyak tersedia.

Coba deh sekali-sekali rasakan sensasi naik angkutan umum sejenis mikrolet yang full music dan full aksesoris :-) karena rata-rata sopir angkot mendadani kendaraannya sedemikian rupa agar menarik banyak banyak penumpang yang naik.

PISANG GORENG GOROHO

Salah satu makanan khas Manado adalah Pisang Goreng / Pisang Rebus Goroho.
Pisang Goroho ini jenis pisang berbeda dengan pisang-pisang yang kita temui umumnya di bagian Indonesia lainnya. Pisang Goroho ini justru kurang enak jika dimakan saat matang. Pisang ini enaklnya dikonsumsi saat masih muda, bisa di goreng ataupun direbus. Cara makannya pun sebaiknya di colek dengan sambel Dabu pedes, wooww mantap nian, apalagi saat dimakan sore hari :-)


KLAPPERTAART

Nah ini kue / kukis yang terkenal di Manado, Klappertaart. Bisa dijumpai dibanyak tempat. Tapi toko Klappertaart yang penulis sukai ada disepanjang jalan Sudirman, Manado.

RUMAH KOPI BILLY

Ssttt.. Anda ga akan menemukan Warkop (Warung Kopi) di Manado, Yang ada hanya Rukop (Rumah Kopi) hehehe.

Rumah Kopi Billy di Jalan Sam Ratulangi merupakan salah satu alternatif minum kopi lokal di kota Manado.  

 RUMAH MAKAN PADANG - RANAH MINANG

Ternyata banyak juga lho rumah makan Padang di Manado. Salah satu yang direkomendasikan adalah RM Ranah Minang. Tempatnya bersih, ada A/C dan Non A/C dan menu yang pernah dicoba adalah Soto Padang dan Sate Padang.



 

 
SATE KOLOMBI & UDANG DANAU di TONDANO

Jika Anda sedang berwisata ke danau Tondano, silahkan mampir di warung-warung pinggir jalan dekat hamparan sawah sebelum menuju Danau Tondano.

Disana bisa ditemui menu khas Sate KOLOMBI. Kolombi adalah siput sawah yang diolah sedemikian rupa dan dijadikan sate. Hhhmmm sebuah menu yang unik khas ala Tondano :-)  
Sate Kolombi
Menu unik lainnya adalah Udang Air Tawar Danau Tondano seperti penampakan dibawah ini.
 
Udang Air Tawar Danau Tondano
Nah ada lagi cemilan tambahan yang enak dicicipi saat sore sambil melihat hamparan sawah yang luas di Tondano, Milu Bakar. Milu = Jagung, hehehe
Makan Milu Bakar bersama Pak James Petu-Petu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar